Paket Outbound di Puncak Bogor

Paket outbound di puncak bogor adalah sebuah kegiatan outbound yang dilakukan sebagai bentuk pembelajaran untuk segala ilmu terapan. Dimana setiap pembelajarannya nanti akan disimulasikan di alam terbuka dan tertutup. Bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing peserta. Di dalam kegiatan outbound Bogor ini nanti dikemas ke dalam sebuah permainan yang efektif yang menggabungkan antara fisik, intelegensia, dan mental para peserta.

Sejarah Berdirinya Kegiatan Outbound

Menurut berbagai sumber sejarah, asal mula berdirinya kegiatan outbound ini dulunya bernama outward bound. Saat itu, kegiatan ini dimulai di tahun 1941. Dimana ada seorang ahli pendidikan dari Jerman. Dia adalah Kurt Hann. Saat itu, dirinya mendapat tawaran pekerjaan dari seorang pengusaha Kapal Niaga, bernama Lawrence Holt. Semasa bekerja bersama Holt, Holt mengatakan bahwa dirinya memiliki masalah terhadap awak kapalnya.

Kinerja Awal Kapal yang Rendah

Karena, kinerja awak kapalnya sangat rendah. Khususnya untuk kerja sama diantara anggota tim. Maka dari itulah, pada akhirnya Kurt Hann mencoba menerima tawaran pekerjaan tersebut untuk mengatasi permasalahan pada awak kapal tersebut dengan cara membuat sebuah konsep. Di dalam konsep inilah kemudian Hann mulai mengembangkan training management di tempat terbuka.

Supaya para awak kapal bisa belajar lebih mengenal potensi diri mereka dan mematangkan dirinya masing-masing lewat sekolah outward bound. Berkat Lawrence Holt inilah kemudian berdirilah sekolah Outward Bound ini di Wales di tahun 1941. Sekolah ini didirikan untuk melatih mental dan fisik para pelaut muda di masa itu. Dengan begitu, para pelaut muda bisa siap dalam menghadapi keganasan pelayaran di laut Atlantik.

Kegiatan Outbound Berkaitan dengan Dunia Kelautan

Hal ini terjadi karena saat itu Inggris terlibat dalam Perang Dunia II. Maka dari itulah, kegiatan outbound ini umumnya berkaitan dengan dunia kelautan/ perkapalan. Dulu, kegiatan outbound ini digunakan untuk mendaki gunung dan berpetualang di laut sebagai media latihan. Dr. Kurt Hahn berpikir bahwa kegiatan petualangan tersebut tidak hanya sekedar bermain saja. Namun, hal ini bisa digunakan untuk latihan para pemuda supaya lebih dewasa dalam menghadapi masalah.

Dengan memakai metode inilah kemudian membuat banyak ahli pendidikan mulai mengkategorikan kegiatan outbound ini ke dalam beberapa bentuk pelatihan. Yaitu, menjadi Experiental Learning atau Adventure Education. Setelah Perang Dunia II berakhir, akhirnya metode pelatihan ini semakin berkembang pesat dan ditirukan sampai keluar dari wilayah Eropa.

Sementara itu, sejarah berdirinya kegiatan outbound seperti paket outbound di puncak bogor yang ditawarkan saat ini tak lain bermula dari masuknya outward bound ke Indonesia. Saat itu, OBI ini secara resmi didirikan oleh Djoko Kusumowidagdo  di Indonesia pada tahun 1990. Dari sinilah kemudian kegiatan outbound ini mendapatkan banyak reaksi positif oleh masyarakat Indonesia.

Bahkan, saat ini kegiatan outbound ini tidak hanya sekedar diaplikasikan pada kalangan militer dan pelaut saja. Namun, kegiatan ini semakin meluas untuk berbagai macam kalangan. Baik itu untuk profesional, perusahaan, LSM, lembaga pendidikan, anak-anak, keluarga, dll. Perkembangan outbound yang semakin pesat inilah membuat permainan dan istilah yang dikeluarkan oleh kegiatan outbound semakin banyak.

Tujuan dan Manfaat Melakukan Kegiatan Outbound

Setelah memahami tentang sejarah terbentuknya kegiatan outbound yang selama ini dikenal. Maka pahami juga ragam manfaat dan tujuan dari kegiatan outbound. Salah satunya adalah jika Anda mengikuti paket outbound di puncak Bogor, tentunya akan ada banyak manfaat yang Anda terima. Karena memang setiap paketnya memiliki tujuan tertentu untuk pesertanya.  Misalnya saja seperti di bawah ini:

  1. Tujuan yang pertama adalah team building. Dengan mengikuti program outbound inilah diharapkan hubungan kerja sama antar tim semakin meningkat, bersinergi, solid, dan semakin kompak. Hal ini juga kerat kaitannya dengan team work. Karena memang tujuan dasar dari program outbound adalah supaya setiap tim bisa saling bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama yang saling menguntungkan. Supaya mereka tidak memiliki sikap egois lagi dalam diri mereka.
  2. Dengan mengikuti paket outbound di puncak bogor inilah diharapkan komunikasi peserta dapat terjalin dengan baik. Sehingga, setiap peserta bisa belaar bagaimana cara menyampaikan informasi dengan baik dengan cara berkomunikasi yang baik tanpa menyinggung satu sama lain. Setidaknya para peserta nanti bisa memiliki jiwa leadership supaya dapat mencapai tujuan bersama.
  3. Dengan melakukan kegiatan outbound inilah diharapkan daya ingat dan fokus para peserta semakin meningkat terhadap sesuatu. Sehingga, para peserta bisa semakin mudah meningkatkan kreatifitas mereka untuk membuat strategi planning yang baik dengan ide-ide baru mereka yang semakin berkembang. Tentu saja dengan cara inilah akan membuat mereka semakin sukses ke depannya.

Jenis Outbound Berdasarkan Pemainnya dan Gamenya

Macam-macam kegiatan yang disediakan dalam paket outbound di puncak bogor ini bermacam-macam. Semuanya disesuaikan berdasarkan jumlah pemain, siapa yang menjadi pesertanya. Apakah anak-anak atau orang dewasa. Kemudian disesuaikan pula dengan jenis permainan yang diinginkan. Berikut ini adalah jenis kegiatan outbound berdasarkan pesertanya, antara lain:

  1. Jika pesertanya adalah anak-anak yang berusia 5 tahun ke atas hingga 15 tahun, maka Anda bisa mengikuti program outbound kids ini. Umumnya, program ini bertujuan untuk mengembangkan keberanian, rasa percaya diri, dan meningkatkan daya kreatifitas anak supaya lebih meningkat dengan baik. Dengan begitu, anak bisa lebih berani dalam menghadapi sesuatu dan lebih mandiri.
  2. Jika pesertanya adalah dewasa, maka Anda bisa mengambil paket outbound di puncak bogor Jenis outbound ini cocok diikuti oleh peserta yang berusia lebih dari 17 tahun ke atas. Jenis permainannya pun bermacam-macam dan banyak memacu adrenalin pesertanya. Misalnya saja, seperti arung jeram, rafting, flying fox, dll.

Jenis Game yang Bisa Dipilih

Jika sebelumnya adalah macam-macam kegiatan outbound berdasarkan pesertanya. Maka kali ini akan dijelaskan pula macam-macam game yang bisa dipilih dalam kegiatan outbound ini. Karena, selain tergantung dari siapa yang menjadi peserta, kegiatan outbound ini juga terbagi atas banyak pilihan game yang bisa Anda pilih bersama teman-teman atau keluarga. Berikut ini adalah jenis game outbound yang bisa dipilih, antara lain:

  1. Outbound Soft Skill. Kegiatan outbound yang satu ini dilakukan untuk meningkatkan pengembangan interpersonal dan personal pesertanya. Biasaya yang akan ditingkatkan dalam kegiatan ini adalah kemampuan dan bakat/ ketrampilan pesertanya. Maka dari itulah, dibuatlah sebuah permainan outbound soft skill untuk Anda yang tidak butuh kegiatan fisik yang berlebihan disaat melakukannya.
  2. Outbound Hard Skill. Berbeda sekali dengan kegiatan sebelumnya. Karena untuk hard skill disini lebih menekankan untuk meningkatkan ketrampilan teknis pesertanya. Dimana nantinya setiap peserta diharapkan bisa lebih menguasai bidang yang disukainya. Jadi, untuk jenis kegiatan outbound ini umumnya lebih fokus pada ketrampilan seseorang. Sehingga, membutuhkan ketepatan dan kecepatan.

Nah, itu tadi adalah serba-serbi dari kegiatan outbound yang bisa dilakukan di puncak Bogor. Jika Anda ingin mencoba paket outbound, maka silahkan hubungi kami. Karena saat ini kami sebagai jasa Savana outbound siap memberikan banyak pilihan paket outbound di puncak bogor yang dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas yang Anda butuhkan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Open chat
1
Hallo, dengan Savana Oubound bisa dibantu?
Powered by